PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL SUBAK PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) isi buku tematik tidak sesuai dengan lingkungan dan budaya tempat siswa belajar; 2) beberapa buku tidak menampilkan situasi konkrit/nyata ke dalam pembelajaran; 3) teknik penyajian buku tematik di Sekolah Dasar tidak mendukung prosedur pendekatan saintifik; dan 4) bahan ajar di Sekolah Dasar belum mampu mengembangkan kemampuan naratif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas buku cerita bergambar berkearifan lokal subak dalam tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas 4 SD; 2) kepraktisan buku cerita bergambar berkearifan lokal subak dalam tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas 4 SD; 3) respon siswa terhadap buku cerita bergambar berkearifan lokal Subak dalam tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas 4 SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4D (Define, Design, Develope, dan Disseminate). Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan kepraktisan buku cerita. Data validitas diukur dengan uji validitas melibatkan 2 ahli. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Data kepraktisan diukur berdasarkan respon guru dan siswa yang diperoleh dari responden yaitu 3 orang guru dan 23 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil uji validitas ahli, diperoleh rata-rata sebesar 4.91 yang berada pada kategori sangat valid. 2) berdasarkan hasil analisis respon guru diperoleh rata-rata sebesar 4.28 yang berada pada kategori sangat praktis. 3) berdasarkan hasil analisis respon siswa diperoleh persentase 94% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan buku cerita anak bergambar yang valid dan praktis.
Article Details
References
Batubara, Hamdan Husein. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI”. Muallimuna Jurnal Penelitian Ibtidaiyah, Volume 3, Nomor 1, 2017, hlm. 12-27. Tersedia pada https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/952 (diakses tanggal 5 Maret 2021).
Dharma, I Md Aditya. 2019. “Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013”. Journal for Lesson and Learning Studies, Volume 2, Nomor 1, 2019. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/17321 (diakses tanggal 14 Maret 2021).
Majid, Abdul. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Pratiwi, Veronika U., Suwandi, Sarwiji. 2021. “Local Wisdom in the Picture Storybook for Elementary School Students in Sukoharjo Regency”. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal),Volume 4, No. 1, 2021, hlm. 1262-1271. Tersedia pada http://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/1751/pdf (diakses tanggal 5 Maret 2021).
Putri, Qonita dkk. 2021. “Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1, 2021, hlm. 20-33. Tersedia pada http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/4812 (diakses tanggal 8 Maret 2021).
Sutariani Desak Putu.2019. Pengembangan Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Bermuatan Keterampilan Abad Ke-21 (4c) Untuk Kelas VI Sekolah Dasar. Tesis.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Warsa, I Komang. 2018. Nilai-Nilai Spiritual dan Karakter dalam Sastra. Denpasar: Balai Bahasa Bali.