PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN TOPIK HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU UNTUK SISWA KELAS IV SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) validitas hasil pengembangan media kartu domino (2) untuk kepraktisan penggunaan media kartu domino, dan (3) untuk efektivitas media kartu domino dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, kuesioner, tes, dan pencatatan dokumen. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini data validitas dikumpulkan dengan kuesioner, data kepraktisan dikumpulkan dengan kuesioner dan data efektivitas dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu domino dinyatakan valid oleh ahli isi mata pelajaran dengan kriteria sangat baik (92%), ahli media pembelajaran dengan kriteria sangat baik (90%), uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat baik (92%), dan uji coba lapangan dengan kriteria sangat baik (93%). Kepraktisan media kartu domino yang diperoleh dari skor rata-rata respon guru sebesar 4,53 dengan kategori sangat tinggi dan skor rata-rata dari respon siswa sebesar 4,56 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai rata-rata pretest 53,52 < hasil rata-rata posttest 83,69 dan dapat dikatakan bahwa media kartu domino efektif.
Article Details
References
Baihaqi, M. . (2018). Pengembangan Media Kartu Nusantara untuk Pembelajaran IPS Kelas IV SDN pada materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7353
Ibdal, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197
Istiqomah, F., & Widiyatmoka, A. (2016). Pengaruh Media Kokami terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Tema Bahan Kimia. Jurnal Unnes Science Education, 5(2).https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/11913
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan: Teknik Analisis Data Kualitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kusnadi. (2017). Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare To Be Different. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132–144.
Lestari, E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Mahadewi, L. P. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2015). Text-Based Programming: Konsep Dasar & Aplikasi Pengembangan Produk Pendidikan. Graha Ilmu.
Masturah, E. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Melina, V. (2017). Pengembangan Donat Konservasi untuk Mningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa IV SDN Purwoyoso01. Universitas Negeri Semarang.
Mubin, H. (2018). Analisis Kompetensi Guru Dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran Kimia Bernasis Kurikulum 2013 Studi Kasus di Kelas X SMA Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah, 6(2). http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/ar-r/article/view/1223.
Muhidin, S. A & Maman, A. (2007). Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Pustaka Setia.
Mulyawati, I., & Kowiyah, K. (2018). Pembelajaran Matematika dan IPA Guru SD Melalui Media Pembelajaran Visual. Jurnal SOLMA, 7(2), 247. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1652
Nugraheni, N. (2017). Implikasi Permainan Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2). http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/490
Nurhamidin, F. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino untuk Penguatan Kemampuan Faktual Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(4). https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2539
Permendiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Depdiknas.
Prasetya, B. N & Hakim, L. (2017). Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pengayaan Pada Materi Sistem Penilaian Persediaan. Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 5(4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17992/16398
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Divapress.
Ramayulis. (2018). Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa Kelas II SD Negeri 127 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2(2). https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR
Sari, D. K. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture dan Think Pair Share (TPS). Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5). https://ejurnalmitrapendidikan.com/index.php/ejmp/article/view/107
Setiawan, Y. U. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dikelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1–12. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2706/1930
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudarma. I K. (2015). Desain Oesan: Kajian Analisis Desain Visual (Teks dan Image). Graha Ilmu.
Sudatha, I G. W. & Tegeh, I. M. (2009). Desain Multimedia Pembelajaran. Undiksha.
Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo perkasa.
Sudradjat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Cipta Cekas Grafika.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (3rd ed.). Alfabeta.
Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.
Syahrul, R. M. (2019). Skor PISA Indonesia Merosot. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GNIYIy9bskor-pisa-indonesia-merosot.
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Undiksha.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1), 12–26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.