INTEGRASI “RAHMAT” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Article Content

I.K.R. Yasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan sikap siswa pada Mata Pelajaran Matematika setelah mengikuti pembelajaran menggunakan sejarah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian best practise yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA.2 SMAN 1 Kubu Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 25 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Data tentang sikap siswa dikumpulkan melalui kuisioner sikap. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sikap siswa kelas XII MIA.2 SMAN 1 Kubu Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 terhadap Mata Pelajaran Matematika setelah mengikuti pembelajaran menggunakan sejarah matematika mengalami peningkatan. Sikap siswa mengalami peningkatan dari sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran menggunakan sejarah matematika. Rata-rata sikap siswa sebelum pembelajaran hanya 48,21 pada kategori Cukup, sedangkan setelah pembelajaran  rata-rata sikap siswa pada Mata Pelajaran Matematika mengalami peningkatan menjadi 74,00 pada kategori Baik. Sikap siswa yang meningkat berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar matematika. Rata-rata nilai ulangan harian siswa meningkat dari 75,48 dengan ketuntasan belajar 92% pada ulangan harian 1 menjadi 78,72 dengan ketuntasan 100% pada ulangan harian 2.

Article Details

Section
Articles

References

Argaswari, D. P. (2018). Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1 No.1.
As’ari, A. R. (2018). Pembelajaran Matematika Untuk Pengembangan Karakter Peserta. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 1-10). Purworejo: Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Fauvel, J. (2000). The Role of History of Mathematics Within a University Mathematics Curriculum for the 21st century dalam Teaching and Learning Undergraduate Mathematics (TALUM). Newsletter, No.12.
Furinghetti, F., & Somaglia, A. (1998). History of mathematics in school across disciplines. Mathematics in School, 2 No.4, 48-51.
Kurnila, V. S., Danto, Y. S., Jundu, R., & Jelatu, S. (2019). Hubungan Antara Sikap Pada Matematika dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP di Kecamatan Langke Rembong. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematik, 7, Nomor 1, 41 – 50.
Parwati, N. N. (2013). Model PPM Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Bali Untuk Membentuk Sikap Positif Siswa. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III (pp. 112-118). Singaraja: Undiksha Singaraja.
Sumardyono. (2012). Pemanfaatan Sejarah Matematika di Sekolah. Jogjakarta: p4tk.
Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika:Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta, Jurnal Tadril Matematika, Vol. 9 No. 1.
Yuli Astuti, Made Sri. (2017). Penggunaan Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas XI PSB SMA Negeri 1 Rendang Karangasem Bali. Laporan PTK. Tidak dipublikasikan.