PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENERGI ALTERNATIF BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

Main Article Content

A. Suryanti
I.N.A.S. Putra
F. Nurrahman

Abstract

Wabah virus Covid-19 memberi dampak perubahan yang sangat besar pada proses pembelajaran. Kegiatan tatap muka yang sebelumnya dilakukan dialihkan menjadi proses pembelajaran daring. Peran orang tua dan pendidik sangat penting dalam proses pembelajaran daring. Pendidik dituntut untuk memahami teknologi dan memberikan sebuah metode pembelajaran yang dapat menggambarkan sebuah materi sesuai dengan perspektif yang diajarkan. Orang tua sangat berperan penting dalam mendampingi siswa dalam proses belajar mengajar. Proses pembelajaran daring dilakukan oleh pendidik dengan memberikan materi berupa file PDF (Portable DocumentFormat) yang disertakan dengan soal latihan. Proses pembelajaran seperti ini dinilai kurang efektif dan perlu adanya sebuah media pembelajaran secara visual, yang dapat meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang disampaikan. Metode pembelajaran Multimedia Interaktif secara grafis dan visual mampu membantu siswa untuk memahami makna dari materi yang disampaikan pada saat proses pembelajaran. Media pembelajaran energi alternatif dengan menggunakan multimedia interaktif dapat diimplementasikan dengan metode penelitian research and development. Pengembangan media ajar interaktif mempermudah siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Evaluasi media ajar energi alternatif dengan pengukuran skala  Guttman dalam pengukuran construc sikap, menghasilkan  nilai sebesar 84 persen siswa sekolah dasar memahami materi energi alternatif. Nilai tersebut merepresentasikan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif dalam proses pembelajaran energi alternatif untuk sekolah dasar layak untuk digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUCARE, 17(2), 90–97.
Farhan, M. (2019). Rancang Bangun Multimedia Interaktif TEMA I untuk Kelas V SD Negeri 9 Kesiman. STMIK STIKOM Indonesia.
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Learning with the Insight Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, 6(2), 177–190.
Hotimah, & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Mikroorganisme. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 201–213.
Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal PETIK, 7(1), 64–70.
Nugraha, M. V. I. (2019). Media Pembelajaran Sistem Anatomi Pada Manusia Berbasis Multimedia Interaktif Untuk SD Saraswati 6 Denpasar. STMIK STIKOM Indonesia.
Panjaitan, R. G. P., Titin, & Putri, N. N. (2020). MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141–151.
Permana. (2018). Multimedia Interaktif tentang Sistem Gerak pada Tumbuhan untuk Siswa Kelas VIII. STMIK STIKOM Indonesia.
Pranowo, T. E., Siahaan, P., & Setiawan, W. (2017). Penerapan Multimedia dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perpindahan Kalor Siswa Kelas VII. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1), 1–4.
Putri, D. I., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Perancangan Aplikasi Multimedia untuk Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 124–132.
Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving pada Topik Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 53–62.
Setiawan, F. (2018). Desain Komunikasi Visual Dalam Dakwah Oleh Gerakan Pemuda Hijrah Bandung Melalui Akun Instagram. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Windari. (2017). Perancangan Media Pembelajaran sistem peredaran darah pada manusia berbasis multimedia interaktif untuk kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuta Selatan. STMIK STIKOM Indonesia.
Yudhistira, R. J. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android. 1, 65–70.