PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA TEMA 9 SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

K.A. Nalasari
N.K. Suarni
I.M.C. Wibawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas expert, validitas empirik, dan kepraktisan dari Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini tahap implementation dan evaluation tidak dapat dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu. Subjek pada penelitian ini adalah 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli desain pembelajaran, 2 ahli media pembelajaran, 2 ahli kepraktisan, 10 guru kelas IV dan 66 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi produk ahli, angket respon guru, dan angket respon siswa. Penelitian ini melaksanakan uji validitas expert dengan menggunakan teknik analisis mengacu pada formula Robert Gregory, uji validitas empirik dan uji kepraktisan dengan menggunakan nilai mean observasi yang dibandingkan dalam tabel kategori PAIT. Berdasarkan analisis data tersebut, penelitian ini memperoleh hasil uji validitas expert produk berupa bahan ajar berbasis web dengan seluruh instrumen mendapatkan nilai 1,0 pada kategori sangat tinggi, penilaian produk ahli materi mendapatkan rerata persentase 96,57%, penilaian produk ahli desain mendapatkan rerata persentase 94%, dan penilaian produk ahli media mendapatkan rerata persentase 98% serta semua memenuhi kategori sangat baik, sehingga dapat dikatakan valid. Kemudian, hasil uji validitas empirik berupa bahan ajar berbasis web diperoleh dari seluruh pernyataan pada angket respon guru memiliki nilai rhitung lebih besar dari rtabel serta mean observasi memperoleh nilai 308,8 pada kategori memenuhi kategori sangat baik, sehingga dapat dikatakan valid. Lebih lanjut, terdapat hasil uji kepraktisan diperoleh dari perhitungan mean observasi dari hasil angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 170,95 dengan nilai berada pada kategori sangat baik dan tergolong praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat simpulan bahwa bahan ajar berbasis Web Google Sites pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar berada pada kategori sangat baik, sehingga tergolong valid dan praktis untuk diintergrasikan dalam pembelajaran oleh guru maupun siswa serta dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). CV. Widya Puspita.
Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1357
Asi, N. B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Bahan Makanan Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 8(9), 163–170.
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dantes, N. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Undiksha Press.
Djabumir, M. V., Adib, A., Wijayanti, A., Visual, D. K., Seni, F., & Petra, U. K. (2019). Perancangan Website dan Media Pendukung Sebagai Promosi Suzanna Baby Shop. DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(14), 1–9.
Fajarini, A. (2018). Membongkar Rahasia Pengembangan Bahan Ajar IPS. Gema Press.
Febrina, T., Leonard, L., & Astriani, M. M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 27. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8141
Haryadi, S., Djatmika, E. T., & Setyosari, P. (2017). Suplemen Buku Ajar Tematik Materi Energi Alternatif & Sumber Daya Alam Berbasis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Volume: 2, 1330–1337.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Parumbuan, M. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Untuk Matakuliah Desain Pesan Development of Teaching Materials for Web-Based Design Course Book. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(4), 323–329.
Prawiradilaga, D. S. (2019). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Kencana.
Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto, R. (2019). Pengembangan Modul Fisika Online Berbasis Web pada Materi Usaha dan Energi. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 129–135. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.476
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Meilani, H., Abidin, S., Rahmi, S., Syafrida, R., & Hafni, S. S. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). CV. Alfabeta.
Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 221–231. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/viewFile/25268/15440
Tung. (2017). Desain Instruksional; Perbandingan Model & Implementasinya. CV. Andi Offset.
Yusuf, M., Sihkabuden, S., & Praherdhiono, H. (2019). Pembelajaran Model Project-Based Teaching Practices Berbantuan Web Pada Materi Perencanaan Dan Pemutakhiran Jaringan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(1), 8–14. https://doi.org/10.17977/um031v5i12018p008