PERAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI JENJANG PENDIDIKAN SMP: SUATU KAJIAN LITERATUR SISTEMATIS

Authors

  • Putu Paundra Ananda - Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/gancej.v7i2.6238

Keywords:

Augmented Reality, Pembelajaran Interaktif, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran Augmented Reality sebagai media pembelajaran interaktif di tingkat Sekolah Menengah Pertama melalui sebuah kajian literatur sistematis. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran konvensional, terutama pada materi yang membutuhkan visualisasi konsep abstrak. Penelitian ini meninjau berbagai publikasi nasional dan internasional yang relevan dengan penerapan Augmented Reality dalam pembelajaran di SMP. Metode kajian literatur sistematis digunakan dengan menyeleksi artikel berdasarkan kriteria kelayakan, relevansi, dan kualitas metodologis. Hasil kajian menunjukkan bahwa Augmented Reality mampu memberikan dampakmpositif pada aspek motivasi, pemahaman konsep, kemampuan literasi dan spasial, kreativitas dan partisipasi serta interaksi siswa dengan selama proses pembelajaran. Temuan juga menunjukkan bahwa AR mendorong pembelajaran berbasis eksplorasi dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa Augmented Reality layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif di SMP dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran apabila diintegrasikan secara tepat dengan kurikulum dan kesiapan guru.

Published

30-10-2025

How to Cite

-, P. P. A. (2025). PERAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI JENJANG PENDIDIKAN SMP: SUATU KAJIAN LITERATUR SISTEMATIS. Ganesha Civic Education Journal, 7(2), 147–155. https://doi.org/10.23887/gancej.v7i2.6238

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.