TEORI PEMBELAJARAN YANG RELEVAN DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Aulia Kaffah Firdausi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Weni Marina Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Arif Mansyuri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/gancej.v7i1.5004

Keywords:

Teori Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

PKn merupakan pendidikan yang memberikan pengajaran yang berfokus pada pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu berperan dan memiliki rasa tanggung jawab sebagai warga negara sesuai dengan ketentuan Pancasila dan UUD 1945. Namun, selama ini pelajaran PKn cenderung kurang mendapatkan perhatian baik dari guru maupun peserta didiknya. Bahkan pelajaran PKn dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Apabila hal ini terus dibiarkan maka peran fungsional dari PKn dalam menanamkan nilai, moral, norma dan membentuk jati diri serta perilaku peserta didik tidak akan bisa terwujud sebagaimana mestinya. Sehingga menjadi penting bagi seorang guru untuk memiliki pengetahuan mengenai teori-teori belajar apa saja yang relevan dan dapat diterapkan dalam pembelajaran PKn guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Teori belajar yang relevan diterapkan dalam pembelajaran PKn MI, yaitu: teori belajar behaviorisme, konstruktivisme, kognitivisme dan humanisme.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Firdausi, A. K., Marina, W., & Mansyuri, A. (2025). TEORI PEMBELAJARAN YANG RELEVAN DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MADRASAH IBTIDAIYAH. Ganesha Civic Education Journal, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.23887/gancej.v7i1.5004