PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI SIKAP KEMANDIRIAN

Main Article Content

K.S. Widyarta
I.G.L.A. Parwata
I.G.N. Pujawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar dengan mempertimbangkan sikap kemandirian pada Peserta didik Kelas VIII Widiatmika. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan treatment by level. Populasi terdiri dari 126 peserta didik terbagi dalam lima kelas. Pengujian kesetaraan kelas dilakukan dengan uji F menggunakan nilai  hasil penilaian tengah semester (PTS). Ternyata semua kelas setara. Selanjutnya dipilih secara random 4 kelas sebagai sampel.  Kelas kemudian dibagi dua secara random,  menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya diberikan tes sikap kemandirian untuk memilih kelompok kemandirian tinggi dan rendah. Kelompok eksperimen diberikan model  pembelajaran problem based learning dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar peserta didik dikumpulkan dengan angket menggunakan skala Likert. Analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur,  dilanjutkan dengan uji Tukey pada  taraf signifikansi 5%. Uji hipotesis memberikan hasil seperti berikut. 1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model  pembelajaran problem based learning dan  hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap kemandirian terhadap hasil belajar peserta didik. 3) Untuk peserta didik dengan sikap kemandirian tinggi,   hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model  pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. 4)  Untuk peserta didik dengan sikap kemandirian rendah,   hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model  pembelajaran problem based learning lebih rendah daripada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Article Details

Section
Articles

References

Arisandy, M., Nurhasanah, N., & Jaelani, A. K. (2022). Pengaruh Metode Inquiry Training terhadap Sikap Sosial Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 717–722. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.582
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9
Ilahi, I., Rizal, F., & Irfan, D. (2021). Kemandirian Dan Motivasi Belajar Dalam Menggunakan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 75. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2322
Kurnia, V., Sastrawijaya, Y., & Zaini, B. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ pada Mata Pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 26 Jakarta. PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.21009/pinter.2.1.9
Munastiwi, E. (2021). Indonesian Journal of Primary Education Use of E-Learning Model and Social Media in Social Studies Learning in Elemenrary School During and After the Covid-19 Pandemic. © 2021-Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 93–104.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528
Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17219
Wahyuni, S., & Leonard, L. (2021). Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(2), 152–163. https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2194