PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Main Article Content

N.P.M. Sukaryaningsih
I.G.N. Pujawan
N.K. Rapi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan faktorial 2 ´ 2. Populasi berjumlah 8 kelas (374 siswa) dari semua siswa di kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Dengan menggunakan metode acak (Random Sampling), 2 kelas ditentukan sebagai sampel dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan berupa gaya kognitif siswa dengan metode tes yaitu dengan menggunakan Group Embeded Figure Test (GEFT) dan dari tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil data penelitian ini dianalisis menggunakan uji statistik Anava Dua Jalur dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang memiliki gaya kognitif  field independent  lebih baik dari siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, (4), kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional  pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent, (5) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih jelek dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional  pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, (6) kemampuan pemecahan masalah fisika antara siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field defendent pada siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah, (7) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih jelek dari siswa yang memiliki gaya kognitif field defendant pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehubungan dengan temuan penelitian ini, disarankan agar model pembelajaran pemecahan masalah lebih dikembangkan sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran fisika.

Article Details

Section
Articles

References

Arend, R. I. (2008). Classroom Instruction and Management. McGrawHill.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penilaian. Rineka Cipta.

Candiasa, I. M. (2004). Statistik multivariat dilengkapi aplikasi dengan SPSS. Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja.

Candiasa, I. M. (2010). Statistika univariat dan bivariat disertai aplikasi SPSS. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Junaedi, & Aripin, I. (2022). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 164–169. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/794/598

Kepmendikbudristek. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka). Mendikbudristek.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Purba, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Smk Melalui Pembelajaran Kontekstual. MES : Journal of Mathematics Education, 5(1), 42–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1932

Sanjaya, N. M. W. S. (2018). Pengaruh Metode Problem Solving dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Analisis Siswa. Indonesian Journal Of Economics Education, 1(1), 65–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJEE/article/view/10788