PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR PPKN DAN SIKAP SOSIALSISWA KELAS V SD

Main Article Content

K.A.Y. Kawi
I.W. Lasmawan
I.M. Gunamantha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen hasil beljar PPKn dan sikap sosial pada siswa kelas V SD yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Model ini terdiri atas empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Pada tahap define, telah disusunnya kisi-kisi instrumen hasil belajar PPKn dan kisi-kisi instrumen sikap sosial. (2) Pada tahap design, kisi-kisi tersebut dijabarkan menjadi instrumen hasil belajar PPKn berupa tes pilihan ganda serta instrumen sikap sosial berupa angket yang pada awalnya masing-masing terdiri dari 30 butir soal. (3) Pada tahap develop, telah dilakukan uji validitas isi instrumen hasil belajar PPKn mendapatkan hasil sebanyak 27 butir soal dinyatakan valid.  Uji validitas isi instrumen sikap sosial mendapatkan hasil sebanyak 25 butir soal dinyatakan valid. Kemudian uji reliabilitas instrumen hasil belajar PPKn memperoleh hasil r11 0,76 ³ 0,70, maka instrumen hasil belajar PPKn dinyatakan reliable. Uji reliabilitas instrumen sikap sosial memperoleh hasil r11 0,78 ³ 0,70, maka instrumen sikap sosial dinyatakan reliable. Dengan demikian pengembngan instrumen hasil belajar PPKn dan sikap sosial dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel serta dapat dijadikan contoh untuk mengukur serta mengembangkan instrumen hasil belajar PPKn dan instrumen sikap sosial siswa kelas V.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ayu, Eka Sastrika. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar dan Berinovasi pada Mata Pelajaran IPA SD. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Volume 2, Nomor 2. Diakses tanggal 11 April 2020.

Azwar, Saifudin. 2003. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brata, Diah Nali Puji, dkk. 2020. Developing Pancasila and Civic Education (PPkn) Based on Local Wisdom. STKIP PGRI Jombang, Indonesia, Universitas Balikpapan, Indonesia, IKIP PGRI
Bojonegoro, Indonesia, IAIN Ponorogo, Indonesia. GIAP Journal, Volume 8, Nomor 1 (hlm 768-773). Diakses tanggal 11 April 2020.

Covacevich, Catalina. 2014. How to Select an Instrument for Assessing Student Learning. Cataloging-in-Publication data provided by the Inter-American Development Bank Felipe Herrera Library.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Fadilah, Nur, dkk. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian pada Materi PPKn Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Smpn 3 Malang”. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Jalan Semarang No.5 Malang. Jurnal Repositori UM. Diakses tanggal 20 Maret 2020.
Hardiani, Iska Novi. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD”. FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Mitra Pendidikan, Volume 1, Nomor 6 (hlm 615-628)

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kuntoro, Bambang Tri dan Naniek Sulistya Wardani. 2020. “Pengembangan Instrumen Penilaian SIkap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD”. FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Kota Salatiga, Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Volume 6, Nomor 2 (hlm 163-175). Diakses tanggal 2 April 2020.

Prasanti, Rani Setia. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Program Studi Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung Bandar Lampung. Jurnal Pedagogi. Diakses tanggal 2 April 2020.

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi (Dari Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Post Modern). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sarwono, Sarlito W. & Eko A. Meinarno. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Smith, Mark K, dkk. 201. Teori Pembelajaran & Pengajaran. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka.

Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Wadiyo (2007). Berkesenian: Tindakan Sosial Menurut Max Weber. Jurusan Pendidikan Sendratasik FBS UNNES. Indonesian Publication Index, Volume 3, Nomor 2 (hlm 2).

Wahab, Azis. 2007. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY.

Widiani. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Permainan Tradisional terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1. Diakses tanggal 22 Juli 2019.

Widoyoko, E. P. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Muri. A. 2015.Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.