ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS II TEMA KEBERSAMAAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM  2013

Main Article Content

I.K.A. Darmawan
A.A.I.N. Marhaeni
N. Dantes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskrepsikan keintegrasian materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, serta rancangan media dan sumber belajar di buku guru dan buku siswa sekolah dasar kelas II tema kebersamaan. Penelitian ini memggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu: 1) terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran dengan tingkat keintegrasian sangat baik sebesar 93,0% dengan kasifikasi intradisipliner; 2) terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan tingkat keintegrasian baik sebesar 81,0% dengan kasilfikasi intradisipliner; 3) terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian dengan tingkat keintegrasian baik sebesar 78,0% dengan klasifikasi intradisipliner; 4) terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar dengan tingkat keintegrasian sangat baik sebesar 90,0% dengan klasifikasi intradisipliner dengan demikian analisi keintegrasian ini pada keempat komponen sudah baik seta dapat diimplementasikan di sekolah dasar.

Article Details

Section
Articles

References

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum2013). Yogyakarta: Gava Media

Evelin Siregar & Hartini Nara. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Kurikulum 2013 Semester II SD Kelas IV. Jakarta: Kemdikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013. Kompetensi Dasar SD/MI. Versi Maret 1.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2013. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Murfiah. 2017. Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. E-Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala Jurnal Pesona Dasar Vol.1 No.5. Hal: 57-69 Issn: 2337-9227 57

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. 2009. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Oemar, Hamalik, 2011. Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Trisdiono. 2013. Pembelajaran Terpadu Pada Sekolah Dasar. JournalLembaga Penjaminan.