PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN ASUHAN KEHAMILAN

Main Article Content

N.K.A. Risnawati
I.G.N. Pujawan
I.G.L.A. Parwata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya dan  motivasi belajar terhadap keterampilan asuhan kehamilan. Penelitian ini merupakan penelitian experimen  dengan treatment by level design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Prodi DIII Kebidanan FOK Undiksha dengan jumlah 47  mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa dengan motivasi tinggi dan motivasi rendah yang diperoleh dari 27% batas atas dan bawah dengan jumlah sampel 28 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner untuk data motivasi belajar dan daftar tilik untuk data asuhan kehamilan. Analisis data yang digunakan yaitu uji ANAVA-AB dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FA-hitung diperoleh sebesar 9,875 dan FAB-hitung sebesar 38,785 dengan F-tabel adalah 4,23 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran langsung dan terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar  terhadap keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa. Nilai t-hitung> t-tabel (6,289> 1,782) dengan taraf signifikasi 0,05 (one tiled) sehingga pada mahasiswa dengan motivasi tinggi, keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi  daripada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran langsung.  Nilai t-hitung > t-tabel (2,331 >1,782) dengan taraf signifikasi 0,05 (satu ekor) yang menunjukkan bahwa pada mahasiswa dengan motivasi rendah, keterampilan asuhan kehamilan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran tutor sebaya lebih rendah daripada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran langsung.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini & Rahayu. 2016. “Efektivitas Metode Tutor Sebaya Dalam Pencapaian Kompetensi Asuhan Persalinan Normal Pada Pembelajaran Laboratorium Di Prodi DIII Kebidanan UNUSA”, Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol 9 No 2.
Candiasa, I., M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.
Dantes., N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT RajaGrafindo.
Hamzah. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Isnaini. 2019. “Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Materi Senam Nifas Pada Mahasiswa D-III Kebidanan “. Midwifery Journal of STIKes Insan Cendekia Medika Jombang Vol 17 No 1.
Kurikulum Pendidikan Diploma III Kebidanan Tahun 2016
Lefudin. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Parwati dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
PPSDM. 2013. Pedoman Pelaksanaan Praktik Klinik Kebidanan. Jakarta Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Pusdik SDM Kesehatan. 2016. Modul Bahan Ajar Cetak Kebidanan: Praktek Klinik Kebidanan III. Jakarta. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. 2018. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ulfa dkk. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar TIK Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 2 Denpasar”. pada e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014).
Wahyuningsih. 2011. “Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keterampilan Prepare Dan Table Set Up dalam Mata Kuliah Tata Hidang” Jurnal Penelitian dan Pendidikan (Vol 28 No 1).