PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR IPS DAN KUESIONER MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

L.E. Darmayanti
N.K. Suarni
I.B.P. Arnyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas tes hasil belajar IPS dengan kuesioner motivasi belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) melalui empat tahapan yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebarluasan. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV SD dan dosen. Data yang dikumpulkan adalah validitas tes hasil belajar IPS, validitas kuesioner motivasi belajar kelas IV SD, reliabilitas tes hasil belajar IPS dan reliabilitas kuesioner motivasi belajar kelas IV SD. Validitas tes hasil belajar IPS dan motivasi belajar kelas IV SD dianalisis menggunakan rumus CVR dan CVI, Reliabilitas tes hasil belajar IPS dianalisis menggunakan rumus KR 20 sedangkan reliabilitas motivasi belajar kelas IV SD menggunakan rumus alfa cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, validitas tes hasil belajar IPS memiliki validity index sebesar 0,60 yang berarti memiliki kriteria validitas tinggi. Kedua, validitas kuesioner motivasi belajar juga memiliki validity index sebesar 0,60 yang berarti memiliki kriteria validitas tinggi. Ketiga, reliabilitas tes hasil belajar IPS memiliki reliabel sebesar 0,85 yang berarti memiliki kriteria reliabilitas sangat tinggi. Keempat, reliabilitas kuesioner motivasi belajar memiliki reliabel sebesar 0,65 yang berarti memiliki kriteria reliabilitas tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara,
Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Universitas Pendidikan Ganesha.
Bern, Robert G. dan Patricia M. Erickson. 2001. Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. Tersedia pada http://eric.ed.gov/?id=ED452376, diakses pada tanggal 1 Mei 2019.
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Sembah, Kadek. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Microsoft Excel Yang Berorientasi Teori Van Hiele Pada Bahasan Trigonometri Kelas X Sma Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/445/237. Diakses Pada 5 Juli 2020
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System