PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATEMATIKA SMA KELAS X
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrument tes high order thinking skills (HOTS) matematika SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganan instrumen dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Mardapi, yang terdiri dari dua tahap yakni tahap perancangan (menyusun spesifikasi tes, menulis soal, dan menelaah soal) dan tahap uji coba (melakukan uji coba tes, menganalisis butir soal, dan merakit tes). Subjek ujicoba diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan dari 25 butir tes yang diujicobakan terdapat 20 butir tes yang memenuhi standar kualitas tes HOTS. Semua butir tes yang diujicobakan dinyatakan valid. Reliabilitas tes sebesar 0,803 dengan kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran dengan kategori sedang sebanyak 14 butir tes dan 9 butir tes dengan kategori sukar. Berdasarkan analisis menggunakan item respon butir diperoleh siswa dengan kemampuan rendah mampu menjawab tes matematika berbasis HOTS dengan benar sebanyak 19,19%, siswa dengan kemampuan sedang mampu menjawab tes matematika berbasis HOTS dengan benar sebanyak 63,51%. Sedangkan siswa dengan kemampuan tinggi mampu menjawab tes matematika berbasis HOTS sebanyak 92,75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen tes yang dikembangkan telah memenuhi kategori instrumen tes HOTS yang berkualitas, sehingga instrumen tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan HOTS matematika siswa. Instrumen tes yang dihasilkan dapat dijadikan contoh bagi guru dalam membuat soal berbasis HOTS.
Article Details
References
Anshari, H. 2017. Pengaruh Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Komunikasi Matematika dan Self Efficacy Siswa SMP Taman Harapan Medan”. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. No 2,Volume 5. Diakses tanggal 30 Maret 2020.
Binkley, M. 2012. Defining Twenty-First Century Skills. London: Springer
Conklin, W. 2012. Higher order thinking skills to develop 21stcentury learners. Huntington Beach, California: Shell Education.
Gates, Bill; Myhrvold, Nathan and Rinearson, Peter. 1996. The Road Ahead, Penguin Books. ISBN 978-0-14-026040-3.
Hamdi; Suganda; and Hayati. 2018. Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. Research and Evaluation in Education Journal (http://journal.uny.ac.id/index.php/reid), diakses pada tanggal 13 Februari 2021.
Kemendikbud. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kusuma; Rosidin; Abdurrahman and Suyatna. 2017. The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education. (www.iosrjournals.org), diakses pada tanggal 13 Februari 2021.
Mardapi, Djemari. 2008. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika
Retnawati, Heri. 2016. Validitas, Reliabilitas, dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing
Rotherham, A. J., & Willingham, D. 2009. 21st century. Educational leadership, 67(1), 16-21.
Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Soeharto & Rosmaiyadi. (2018). The Analysis of students’ higher order thinking skills (HOTS) in Wave and Optics Using IRT with winstep Software. Journal of Educational Science and Technology. (http://dx.doi.org/10.26858/est.v1i1.7001), diakses pada tanggal 13 Februari 2021.
Suherman, Erman. 2013. EvaluasiPembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI
Trilling, Bernie and Hood, Paul. 1999. Learsning, Technology, and Education Reform In The Knowledge Age. (Online), (https://www.wested.org/online_pubs/learning_technology.pdf.), diakses tanggal 5 Maret 2020
Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sma Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Yong, H. T., & Sam, L. C. 2008. Implementing school-based assessment: The mathematical thinking assessment (MATA) framework. In Innovation and Pedagogy Seminar, Institute of Teacher Education, Sarawak.