PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SMARTBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PPKn SISWA SD

Main Article Content

U.D. Sholihah
Hamidaturrohmah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dampak dari penggunaan media smartboard terhadap hasil belajar pada pembelajaran PPKn materi mengenal perumus pancasila siswa kelas 2 SD Al-Islam Pengkol. Penelitian dipicu oleh catatan rendah dalam pencapaian akademis pendidikan pancasila di kelas tersebut. Upaya untuk menanggulangi masalah ini diajukan dengan mengadopsi penggunaan media smartboard, khususnya dalam konteks pembelajaran materi mengenal perumus pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah desain Quasi-Experiment dengan model One-Group-Pretest-Posttest. Seluruh siswa kelas 2 SD Al-Islam Pengkol, yang berjumlah 28 siswa, menjadi populasi dalam penelitian ini. Data hasil observasi telah dianalisis dan dibandingkan menggunakan serangkaian uji statistik seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan perangkat lunak SPSS dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis hipotesis Parametrik, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Mengingat nilai signifikansi ini berada di bawah 0,05, maka hipotesis nol (H₀) ditolak sementara hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media smartboard memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan pancasila, khususnya dalam materi mengenal perumus pancasila siswa kelas 2 SD Al-Islam Pengkol.

Article Details

Section
Articles

References

Ahyar, H., Andriani, H., & Sukmana, D. J. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Basir, M., & Dewantara, A. T. B. (2021). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Interaktif Pada Pembelajaran PJOK Secara Online. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 48–55.

Kamaladini, Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan media papan edukasi pintar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Pedagoria, 1(September), 93–100.

Maghfi, U. N., & Suyadi, S. (2020). Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media papan pintar (smart board). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170. https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.631

Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery.

Moh. Jailani, Sulis Tyaningsih, & Siti Qomariyah. (2023). Peran Kolaborasi Model Creative Problem Solving Dan Pembelajaran Metode Team Kuis Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif di SDN Ibu Dewi 3 Cianjur. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 177–191. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.945

Musfiroh, L. H., Attalina, S. N. C., & Hamidaturrohmah, H. (2024). Pengaruh Metode Peer Tutoring Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa SDN 8 Suwawal. Jurnal Tunas Bangsa, 11(2), 84–96. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i2.2900

Nalva, M. F., & Amri, M. (2019). Penerapan Pendekatan Value Clarification Technique (Vct) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di SMA Negeri 1 Tikke Raya Kab. Mamuju utara. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 239–251. https://doi.org/10.24252/IP.V8I2.11045

Putra, S. D., Andrijati, N., & Nurharini, A. (2025). Development of Augmented Reality-Based Flashcard Media to Enhance Fraction Problem-Solving Skills in Fourth Grade Students Article Information. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 10(1), 27–43. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.xxxxx

Pranoto, S. E. (2020). Penggunaan game based learning quizizz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi materi globalisasi kelas xii IPS SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 25–38. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45758

Prayitno, A., Rachman, A., & Sang Fajar El Harry, P. (2021). Management Of Pancasila And Citizenship Education In The Prevention And Handling Of Radicalism And Terrorism In The State Defense System. Jurnal Pertahanan, 8(1), 2549–9459. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33172/jp.v 8i1.1384

Salma, F. A., Attalina, S. N. C., & Hamidaturrohmah, H. (2023). Efektivitas Model PBL Berbantuan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa kelas 3 di SDN Potroyudan Jepara. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 650–659. https://doi.org/10.33627/es.v6i2.1400

Salyo, R., Syah, I., Mikawati, H., & Santoso, G. (2022). Pancasila di Era Milenial: Makna dan Relevansinya Bagi Masa Depan Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 68–76. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.486

Santoso, G., Putri, J. N., Jannah, M., Prasaja, N. S. R., & Alamsyah, S. (2023). Bhinneka Tunggal Ika Pondasi Semangat Gotong Royong Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 173–183. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.444

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur keefektifan teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 24–39. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151

Suryanti, C. M. (2021). Pengembangan media papan pintar huruf untuk mengenalkan huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak. 7(2). https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10485