MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TOPIK BENTUK BUMI DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD

Main Article Content

N.A. Putri
D.A. Wiranti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Jawa Tembang Dolanan di kelas 2 SDIU Fadlun Nafis Bangsri. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi tembang dolanan, yang diperparah oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 sebanyak 32 siswa, yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest sebesar 61,78 meningkat menjadi 82,72 pada posttest. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya, penggunaan media Wordwall memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan ini didukung pula oleh validitas dan reliabilitas instrumen yang memenuhi syarat, serta distribusi data yang normal. Dengan demikian, media Wordwall terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa, khususnya materi tembang dolanan.

Article Details

Section
Articles

References

Arifah, A. N., Rahma, A. L., Savon, I. M., Mutiara, K., Sekarningrum, S. A., & Marini, A. (2023). Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Dengan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 115–122. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/6750

Arrosyad, M. I., Antika, D., Dzulqa, E. T., & Balqis, M. (2023). Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(2), 414–423.

Asdarina, Syarifudin, E., & Suherman. (2023). Kebijakan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa Banten Di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pelestarian Budaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7727

Chasanah, L. N. (2024). Tembang dolanan: representasi pendidikan karakter dalam lagu tradisional bahasa jawa. Prosiding seminar nasional sanata dharma berbagi (USDB), 2.

Dhalu, M. A., & Santosa, S. (2020). Nilai Budi Pekerti Melalui Tembang Dolanan Anak. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 125–132. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2709

Fadilah, N., AR, M. M., & Kuswandi, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ipas Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 56–66. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24192

Ichsani, A. F., & Hizbullah. (2024). Penyebab Rendahnya Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. JESE Journal of Elementary School Education, 1(1), 1–12.

Indriyani, F., Tiurlina, & Alfarisa, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dalam Latihan Harian Matematika Materi Denah dan Skala Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Menteng 03. Jurnal Persada, 4(3), 178–184. https://doi.org/10.37150/perseda.v5i3.1717

Nova Ardiana, & Didik Himmawan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Smart Spinner Di SDN 1 Kedokanbunder. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.11

Nurhalisa, N., Rizal, R., Aqil, M., Lagandesa, Y. R., & Fasli, M. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 151–159. https://doi.org/10.54069/attadrib.v8i1.867

Nurul Maulia Agusti, & Aslam. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Puspitasari, D. Y., Haryanto, H., Sofyan, S., Jambi, U., Jambi, U., Jambi, U., Pebelajaran, M., Game, S., & Siswa, H. B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Simulasi Berbantukan Game. Jurnal Manajemen Pendidikan San Ilmu Sosial, 3(2), 1103–1109. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2

Rahmadanti, A., Amril, L. O., & Efendi, I. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 117–125. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.1086

Rahman, F., Saleh, M., Arif, Mardian, R., Nurfadliah, Novita, I., & Arifin. (2025). Pengaruh media Wordwall berbasis website terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas materi gaya. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 5(2), 245–255. https://doi.org/10.51878/edutech.v5i2.5098

Ramadani, A. N., Kartika Chandra Kirana, Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 9860(8), 7367–7372. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i6.5432

Sofiyanti, W., Kurniawati, R. P., & Prasasti, P. A. T. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Scratch Menggunakan Pembelajaran Inquiry pada Pembelajaran IPAS. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 842--848. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/5565/4341

Tjaolo, N. A., Sabang, S. M., & Manitu, A. (2025). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Pada Peserta Didik Kelas Vi Sekolah Dasar. Journal Genta Mulia, 16(1). https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1394

Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 826. https://doi.org/10.70713/pjp.v2i3.29474