PENGARUH MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD

Main Article Content

E. Rahmadhani
W. Sutriyani

Abstract

Penelitian ini berlandaskan pada rendahnya pencapaian belajar siswa di kelas 2 SDN 9 Jambu. Hal ini terjadi karena terdapat sedikit variasi dalam penerapan model pembelajaran dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar dampak penerapan model STAD yang didukung oleh media wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 SDN 9 Jambu. Penelitian ini mengaplikasikan metode kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Penelitian ini melibatkan 23 murid di kelas 2 SDN 9 Jambu sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes yang terdiri dari 10 pertanyaan pilihan ganda. Penelitian menunjukkan bahwa metode STAD yang menggunakan media wordwall berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas 2 SDN 9 Jambu terkait materi perhitungan bilangan. Nilai signifikansi pada uji T 0,00 < 0,05 menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, sedangkan pada uji regresi, nilai signifikansi 0,00 < 0,05 mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh sebesar 52,3% antara model pembelajaran STAD yang dibantu media wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 SDN 9 Jambu.

Article Details

Section
Articles

References

Amir, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII MT’S Mallari Kabupaten Bone. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 127–138. https://doi.org/10.62667/begibung.v2i3.122

Anjani, A. D., Senjayawati, E., & Suciati, O. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 879–888. https://journal.ikipsiliwangi.ac,id/jpmi/search/index

Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29–33. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/wasis

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php./jppgi2019/index

Hernanda, Y., Kaporina, A., & Nurlaily, D. (2023). AnalisisTingkat Pengangguran Provinsi Kalimantan Timur Menggunakan Sign Test, Wilcoxon Test Dan Paired Sample t-Test. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Matematika (SEMIOTIKA), 2(1), 94–102. https://journal.itk.ac.id/index.php/semiotika/article/view/1001

JAYUS, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilirtahun Pelajaran 2019/2020. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i1.18

Ketaren, M. A., Ginting, P. S., Simarmata, M. F., & Hasibuan, N. S. (2024). Pentingnya Tes Terstandarisasi Dalam Mengevaluasi Pemahaman Siswa SD Negeri Percobaan Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 3208–3211. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.695

Khairunisa, Y. (2021). Utilization of the Maze Chase Wordwall Online Gamification Feature as a Digital Learning Medium for Statistics and Probability Subject. MEDIASI Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan media Word Wall untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Mallappa, F. (2023). JPPRF Vol 2 Issues 2 Des 2023. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Dan Riset Fisika (JPPRF), 2(2), 32–61. https://ojs.uph.edu/index.php/JPPRF/article/view/7817

Muhaimin, M. R., & Zumrotun, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator pada Materi Satuan Ukuran Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1935–1950. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

NUGRAHENI, Y. D., & SUTRIYANI, W. (2024). Pengaruh Model Nht Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Sd. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 601–613. https://doi.org/10.51878/science.v4i4.4091

Prasetyo, M. M. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad dipadukan dengan strategi inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar mahasiswa STKIP pembangunan Indonesia. Jurnal Binomial, 3(2), 131–147. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.666

Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Terang, 4(1), 83–90. https://doi.org/10.33322/terang.v4il.1445

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rambe, A. H. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/index

Rifai, M. R., Sudarti, S., Handayani, R. D., Jamhari, M., & Haeruddin, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kalor Kelas Vii Smp. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.35719/vektor.v5i01.123

Riny, M., & Safrul, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8666–8674. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/issue/view/1142

Saviera, N., Aini, N., & Wijayanti, R. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Game Edukasi Wordwall. SIGMA, 10(2), 103–114. http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v10i2.2562

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10–22. https://core.ac.uk/download/pdf/327261863.pdf

Setyawan, S. R. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V Pada Materi Sudut Melalui Model STAD Berbantu Media Konkret JASU (Jam Sudut). Tunas Nusantara, 7(1), 62–74. https://doi.org/10.34001/jtn.v7i1.8023

Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.33061/js.v7i1.8885

Siagian, G. I., & Tarigan, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea. Journal on Education, 6(1), 886–893. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58269

Sri Murwanto, S. H. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta didik Kelas IX D SMP Negeri 7 Alla Enrekang. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 11 (1), 46. https://journal.unm.ac.id/index.php/sainsmat/article/view/7146

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. https://elibrary.sttal.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2067&keywords

Sya’bani, Y. A., Sukidin, S., & Tiara, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(1), 63–74. https://orcid.org/0000-0001-7806-0757