PENGARUH MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI BUMIKU SAYANG, BUMIKU MALANG DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

A. Firdauisi
A. Widiyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar IPAS materi Bumiku Sayang, Bumiku Malang kelas V SDN 5 Kecapi. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experiment Design dengan desain one group pretest and posttes design. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Kecapi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V dengan jumlah 25 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik dengan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Bumiku Sayang, Bumiku Malang di kelas V SDN 5 Kecapi. Peningkatan nilai rata-rata dari 65 pada pretest menjadi 81 pada posttest, serta nilai thitung sebesar 9,505 yang lebih besar dari ttabel 1,708, menunjukkan bahwa penggunaan model ini efektif dalam meningkatkan pemahaman materi

Article Details

Section
Articles

References

Aqillamaba, & Puspaningtyas. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 54–61. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2162

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308

Liana, N. (2024). Pendekatan Humanisme Dan Konstruktivisme Untuk Penguatan Karakter Islami Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01(02), 1–14.

Murti, K., & Kresnadi, H. S. H. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV Kurikulum Merdeka Materi Indonesiaku Kaya Budaya di SDN 24 Pontianak Timur. Journal on Education, 06(01), 6801–6808. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3908

Naldi, A., Oktaviandry, R., & Gusmaneli . (2024). Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Fokus Peserta Didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2938

Priatna, A. G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 71–76. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2139

Ramdhani, L. H., Darmiyanti, A., & Saprialman, S. (2022). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Dengan Memahami Kode Etik Dalam Membentuk Mutu Lembaga Pendidikan Islam. JPDK, 4(6), 12630–12635.

Sari, R. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1152–1159. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2278

Simanullang, K., Gultom, V. V., & Syahrial, S. (2024). Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Menggunakan Metode Role-Playing pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1328–1336. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7316

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.

Syafruddin, S., Saputra, M. A., Nurfatun, N., Putri, H., Haimin, H., Afriani, A., & Darmawan, D. (2024). Karakteristik Pembelajaran IPS SD. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 4034–4040. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.449

Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 57–63. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.436

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89