PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V

Main Article Content

N.K.D. Utariadi
I.M. Gunamantha
I.N. Suastika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada tema 9 subtema 1 muatan pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). LKPD yang dihasilkan sudah diuji validitas isinya oleh pakar dan hasilnya dianalisis dengan rumus Content Validity Ratio (VCR). Diperoleh validitas sebesar 1,0 dalam kategori sangat valid. Prototype LKPD sudah diuji validitas empiriknya, dihasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dilihat dari sisi desain, media, dan materi adalah valid. Uji kepraktisan LKPD berbasis pendekatan saintifik diberikan kepada 145 orang peserta didik, diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,04 yang berada pada kategori sangat praktis.

Article Details

Section
Articles

References

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Majid, A., & Rohman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nasution, K. (2013). Aplikasi Model Pembelajaran dalam Perspektif Pendekatan Saintifik. Makalah tidak dipublikasikan. Medan, Widyaswara Mandala tanggal 27 Desember 2013.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2015). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kharisma Putra Cetak.
Widiyarini, A., & Wilujeng, I. (2015). Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Learning Outcome Siswa MTs Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Tahun III, No. 2 Dese.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 26, e-ISSN 2540-7694.